Bagaimana “melihat” dalam fotografi landscape?

Lupakan masalah teknis

Pertama – tama lupakan masalah teknis terlebih dahulu. Di postingan sebelumnya ada sebuah pernyataan: “Langkah awal untuk mendalami fotografi landscape adalah menentukan secara secara tepat karakter dari landscape itu sendiri”. Dan karakter paling penting yang harus dipelajari adalah cahaya. Dari mana arah datangnya, seberapa banyak cahaya yang jatuh, bagaimana warna yang muncul..dan lain sebagainya. Proses ini dinamakan previsualisasi, proses dimana kita menentukan perpaduan dari segala elemen yang tesedia. Ingatlah bahwa foto landscape yang baik adalah foto yang mengambil sebagian untuk mewakili seluruh bagian yang ada. Proses previsualisasi juga dapat dibilang sebagai konversi objektivitas lensa kamera menjadi subjektivitas mata sang fotografer.

Tidak perlu ke tempat yang “wow”

D

dapet di belakang kosan :D

Poin yang penting lainnya adalah foto landscape yang bagus tidak harus di tempat yang eksotis. Kita harus peka terhadap keadaan alam sekitar kita. Sadarlah bahwa tempat manapun menyajikan kesempatan foto yang luar biasa. Tinggal bagaimana kita mengolahnya (bukan di photoshop lho..) dan menyajikannya. Justru dengan tempat yang kurang bagus, mata kita dilatih untuk lebih peka. Mulai dari cara kita melihat cahaya, memilih angle, menentukan focal length yang tepat, memilih elemen yang ingin kita masukan, ataupun menyingkirkan elemen yang mungkin menggagu POI tapi tetap bisa mempertahankan POI itu sendiri. Jika kita sudah terbiasa akan hal ini, motret dimanapun pasti cihuyy, apalagi kalau tempatnya udah keren. cingcay dah :)

p.s : Ada yang mau hunting ke cikoneng ?

next : Teknik yang harus dikuasi dalam fotografi landscape

In my mind’s eye, I visualize how a particular… sight and feeling will appear on a print. If it excites me, there is a good chance it will make a good photograph. It is an intuitive sense, an ability that comes from a lot of practice. – Ansel Adams

About these ads

4 thoughts on “Bagaimana “melihat” dalam fotografi landscape?

  1. itu bnran murni g pake photoshop?
    ko bs gt sh?
    kyny camera saya klo main diafragma, shutter speed, udh hasilnya g pernah memuaskan

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s